Fungsi Branding Bagi Produk dan Usaha

Blog
Spread the love

Untuk membedakan diri kita dengan orang lain dengan orang lain diperlukan suatu penciri yang menjadi karakter dari diri kita. Penciri tersebut yang dikenal dengan istilah branding. Namun branding sendiri lebih sering digunakan untuk istilah dalam dunia bisnis. Namun sebenarnya apa itu branding? dan apa tujuan serta fungsi dari branding tersebut?

Pengertian Branding

Branding merupakan sebuah nama, simbol, maupun tanda yang sengaja dibentuk untuk membangun karakter dan identitas diri. Branding tidak hanya ditujukan untuk sebuah produk namun juga untuk identitas diri. Dalam hal bisnis, branding diperlukan untuk menjadi pembeda antara produk yang kita miliki dengan produk lainnya, sehingga konsumen dapat mengenali dan mengingat produk yang kita miliki.

Pengertian branding sebenarnya sudah berkembang sejak lama, dalam dunia usaha branding dikenal pula dengan istilah merek yang merupakan sebuah nama untuk suatu produk. Melalui nama ini konsumen akan mengenali produk yang kita miliki dan mempermudah saat mencari di pasaran. Branding menjadi salah satu hal penting bagi produk dan usaha yang tengah dirintis.

Tujuan Branding

Tujuan branding salah satunya yaitu untuk mengenalkan produk yang kita punya. Branding juga bertujuan untuk membedakan produk yang kita punya dengan produk serupa yang sudah ada di pasaran. Tujuan dari adanya branding juga untuk menunjukkan eksistensi dari produk yang kita miliki. Tujuan ini akan tercapai jika ada kerja sama yang baik antar berbagai elemen di dalam perusahaan tersebut, karena sejatinya branding tidaklah dibentuk hanya oleh pemimpin perusahaan saja namun perlu adanya kerja sama antar semua orang yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Fungsi Branding

Selain memiliki tujuan khusus, branding juga memiliki fungsi terutama untuk produk dan usaha yang tengah dirintis. Berikut adalah beberapa fungsi dari branding untuk sebuah produk dan usaha:

  • Sebagai Pembeda

Branding dapat menjadi pembeda antara satu produk dengan produk lainnya. Tanpa adanya branding, maka akan terjadi kerancuan di pasaran. Tanpa adanya branding konsumen akan kesulitan dalam mengenali produk yang kita tawarkan. Branding membuat satu produk dengan produk yang sebenarnya tidak berbeda jauh menjadi memiliki perbedaan.

  • Daya Tarik

Branding menjadi daya tarik tersendiri. Branding yang unik membuat produk semakin dikenal dan melekat pada diri konsumennya. Sehingga branding yang menarik sangat penting untuk meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk yang kita jual. Hal ini lah yang menjadikan penting bagi produsen untuk memikirkan branding terbaik untuk produk yang dihasilkannya.

  • Identitas Produk

Branding umumnya berupa nama atau logo. Ternyata branding seperti dapat menjadi identitas tersendiri. Sama hal nya dengan identitas pada umumnya, branding bertujuan agar produkĀ  tersebut dapat lebih dikenal dan dikenang. Identitas yang berbeda dengan produk lainnya membuat branding menjadi semakin efektif dalam meningkatkan nilai jual. Identitas produk semakin dikenal jika berbeda dengan produk lain, semakin unit dan berbeda biasanya produk semakin mudah untuk diingat.

  • Pengendali Pasar

Maksud dari pengendali pasar yaitu produk yang memiliki branding baik akan menjadi produk yang besar. Produk yang besar biasanya lebih mudah dalam penguasaan pasar dibandingkan dengan produk yang masih berkembang. Pengendali pasar saat ini bayak dikuasai oleh brand-brand besar yang sebagian besar bukanlah produk asli dalam negeri, melainkan produk luar yang telah sukses dalam membuat branding di negara ini. Hal ini yang sepatutnya menjadi pemantik semangat kepada pemilik produk asli Indonesia untuk meningkatkan branding mereka sehingga mampu menguasai pasara di nagara sendiri.